Sabtu, 17 September 2011

Mencegah dan Mengatasi Virus, Bukan Pekerjaan Mudah

virus komputerSetiap komputer yang sering terkoneksi ke dunia luar sangat mungkin terinfeksi oleh virus PC. Yang paling sering terjadi ketika Anda terhubung ke situs web melalui internet dan men-download sesuatu ke PC Anda. Anda juga bisa mendapatkan virus dari lampiran email atau dengan menyalin file dari suatu tempat, seperti CD atau flash disk. Bagaimana menjaga keamanan komputer dari virus? Yang paling aman adalah proteksi komputer dari dunia luar, jangan masukkan flash disk dan jangan koneksi ke internet. Tetapi ini sangat tidak mungkin dan hampir mustahil dilakukan.
Virus dari satu komputer bisa menyebar ke komputer lain, dengan media internet, drive eksternal seperti flash drive dan bisa juga jaringan lokal. Ketika virus baru masuk kekomputer, kebanyakan masih “tidur” alias tidak aktif. Biasanya pengguna komputerlah yang membangunkan virusnya.
Sebuah virus PC adalah yang berbentuk malware yang memiliki kemampuan untuk menggandakan diri dengan menginfeksi program-program dan file. Beberapa jenis virus yang relatif tidak berbahaya, sering hanya mereplikasi diri atau menampilkan pesan lelucon. Tetapi yang lain mungkin sangat berbahaya dan bahkan dapat menghapus isi hard disk Anda.
Bagaimana mencegah dan mengatasi Virus
  1. Cara terbaik untuk menghindari virus adalah untuk menahan diri dan selektif serta berhati-hati dalam menyalin dan men-download file dari sumber yang tidak diketahui dan Anda tidak harus membuka lampiran email jika anda tidak tahu pengirim.
  2. Yang lebih penting adalah memastikan bahwa Anda memiliki perangkat lunak anti virus terbaik yang terpasang pada PC Anda dan yang selalu aktif dan up-to-date, tidak peduli seberapa sering Anda dapat mengakses internet.
  3. Biasakan melakukan scan terlebih dahulu sebelum meng-copy sebuah file dari pihak lain. Inilah kecerobohan yang paling sering terjadi. Pengamatan saya pada instansi tempat saya bekerja adalah virus paling sering menyebar melalui flash disk yang tidak di-scan terlebih dahulu. Ini memang rumit tetapi demi keamanan komputer.
  4. Jangan biasakan men-double klik file yang tidak Anda yakini keamanannya, ini akan langsung mengaktifkan virus jika file tersebut bervirus. Jika Anda hendak membuka sebuah foleder, sebaiknya klik kanan lalu pilih “Explorer” dan jangan “Open”. Mengapa? Karena seandainya ada virus dalam folder tersebut jika Anda pilih open maka virus langsung jalan. Jika Anda pilih explorer, Anda masih bisa melihat jika ada file aneh didalamnya.
  5. Jika Anda memiliki anti-virus software terinstal, diaktifkan dan harus diperbarui, dan menjalankan scan berkala. Jika ada hal-hal aneh mulai terjadi, seperti file menghilang atau menjadi korup, pesan aneh muncul, sistem crash atau pengolahan jadi melambat, maka itu adalah tanda-tanda.
  6. Jika Anda memiliki keterampilan, sebaiknya scan dengan antivirus dilakukan di safe mode, karena banyak program startup dinonaktifkan pada mode ini, termasuk mungkin program untuk bersembunyi virus.
  7. Alternatif lain adalah mengidentifikasi program atau services yang sedang jalan mungkin ada yang mencurigakan. Namun untuk eperluan ini Anda perlu belajar lebih jauh tentang macam-macam services sistem operasi windows. Tekan Ctrl, Alt dan Del bersama-sama untuk membuka Task Manager. Periksa daftar entri services yang berjalan baik pada Aplication maupun pada tab Process untuk melihat apakah ada yang dicurigai sebagai virus. Tetapi sebaiknya Anda hati-hati menonaktifkan apapun disini. Silakan lihat Serivices Windows Yang Tidak Boleh Diganggu, karena penjellasan services windows ada di sana.
  8. Jika Anda ingin menghilangkan virus PC secara manual, download utilitas autoruns dari website Microsoft dan kemudian ekstrak program ini. Restart PC Anda dalam safe mode lalu klik dua kali file autoruns.exe dan pilih menu Options. Lihat melalui semua tab untuk setiap kejadian virus yang ingin Anda hapus, klik kanan dan pilih Delete. Ini akan menghapus entri startup dari registry sehingga program akan pulih. Restart PC Anda dalam modus normal dan virus seharusnya tidak lagi hadir.
Ini hanyalah sebagian kecil tips, jika ada tambahan dari Anda, silakan tulis pada komentar dan artikel ini akan saya review.
modem_disconnectPenggunaan broadband di rumah dan di tempat kerja telah meningkat lebih dari 400% dalam lima tahun terakhir. Namun perkembangan ini tidak dibarengi kemampuan untuk mengatasi sendiri masalah setup jaringan DSL, yang diketahui konsumen adalah browsing. Mereka tidak dapat mendiagnosa dan memecahkan masalah jaringan komputer. Sebenarnya masalah modem DSL tidak konek dapat diatasi oleh konsumen tanpa teknisi.
9 Tips Mengatasi Modem DSL Tidak Tersambung ;
  1. Hubungkan komputer langsung ke modem DSL jika saat ini menggunakan router untuk mendistribusikan konektivitas internet di seluruh jaringan. Ini untuk menguji jika ada masalah pada router. Jika setelah ini jaringan bisa tersambung internet, berarti router yang bermasalah.
  2. Pastikan semua kabel modem dimasukkan dengan benar ke modem baik kabel masuk maupun kabel output. Jika perlu lepaskan dan kemudian hubungkan kembali semua kabel.
  3. Periksa dan pastikan bahwa tidak ada kabel yang rusak atau terpotong. Kemudian, pastikan kabel power modem dicolokkan ke modem serta soket listrik dengan daya yang tersedia.
  4. Coba reset modem DSL dengan cara mematikannya. Biarkan modem dalam keadaan off untuk setidaknya 30 detik. Jika modem tidak memiliki switch on/off, cukup dengan melepaskan kabel powernya saja.
  5. Pastikan bahwa jika modem DSL Anda memiliki lampu standby, saat ini tidak dalam mode ini. Jika modem Anda memiliki lampu indikator, periksa untuk melihat apakah yang menyala adalah Hijau, Kuning, atau Merah. Jika lampu hijau, maka ada kemungkinan konfigurasi perangkat lunak yang masalah dan bukan masalah hardware.
  6. Jika lampu status modem Anda tidak menyala, atau menunjukkan koneksi yang buruk, berarti ini adalah masalah koneksi DSL dan kemungkinannya adalah saluran telepon yang menghubungkan modem ke saluran telepon tidak bagus. Ganti ke port saluran telepon lain. Jika modem masih tidak berhasil, hubungi ISP Anda untuk meminta tes dan jika diperlukan, penggantian modem jalan terakhir.
  7. Jika proses menguji modem dan kabel telepon memuaskan, link berikutnya untuk diperiksa adalah untuk mengganti kabel Ethernet yang menghubungkan komputer ke modem.
  8. Jika koneksi masih gagal, cobalah untuk menggunakan laptop untuk menguji koneksi DSL. Jika pada laptop bekerja, maka konfigurasi perangkat lunak atau perangkat keras jaringan internal pada komputer yang digunakan sebelumnya mungkin memiliki masalah.
  9. Install ulang driver dengan CD instalasi modem DSL. Ada kalanya driver modem bermasalah sehingga tidak bisa tersambung internet. Jika setelah install ulang driver koneksi DSL terus gagal, hubungi ISP Anda untuk pemecahan masalah lebih lanjut.
Demikian tips sederhana ini semoga bermanfaat.
teknisi computer teknisi computer teknisi computer teknisi computer belajar komputer belajar komputer
komputer mati sendiriJika komputer mati dan sebelumnya ada peringatan, itu berarti anda masih bisa mengetahui kira-kira sumber masalahnya apa. Tetapi kalau sedang digunakan dan tiba-tiba komputer mati sendiri begitu saja tanpa ada peringatan? Apa penyebab dan jalan keluarnya? Inilah solusinya;
Penyebab dan solusinya bisa salah satu dari kemungkinan di bawah ini.
1. Komputer terlalu Panas atau overheat
2. Masalah kesalahan/kerusakan hardware.
3. Virus komputer.
4. Masalah pada sistem operasi misalnya Windows.
5. Kegagalan lain dari hardware
Komputer terlalu Panas atau overheat.
Sebuah komputer dapat mematikan dirinya sendiri tanpa peringatan jika telah melebih panas maksimal yang disyaratkan (terutama Processor). Banyak komputer saat ini dirancang untuk mematikan atau me-reboot secara otomatis jika komputer, prosesor, atau perangkat lain di komputer Anda terlalu panas. Jika Anda telah mendengar ada suara-suara yang tidak normal dari komputer Anda seperti mendenging tinggi, ini bisa menunjukkan kegagalan dalam komputer Anda.
Anda dapat memulai dengan memeriksa kipas pada power supply dengan memeriksa bagian belakang komputer dan melihat apakah kipas angin bergerak dengan lancar. Anda bisa juga membuka komputer dan pastikan kipas bekerja (kipas prosesor dan kipas casing) dan / atau jika VGA menggunakan kipas, lalu silakan masuk ke BIOS dan pastikan BIOS tidak melaporkan kesalahan apapun. Perhatikan juga letak dari aluminium pendingin sebab jika posisinya tidak tepat, maka walaupun ada kipas, proses pendinginan akan tetap ada masalah.Pengguna dapat juga dapat menentukan seberapa panas komputer dengan onboard sensor termal. Jika komputer Anda dilengkapi dengan sensor ini, pastikan CPU anda tidak aktif overheat
Masalah kesalahan/kerusakan hardware
Setiap kegagalan komponen perangkat keras komputer Anda dapat menyebabkan komputer Anda untuk secara tak terduga mati tanpa peringatan. Jika Anda baru menambahkan perangkat keras baru, pastikan itu tidak menyebabkan masalah-masalah bagi komputer Anda. Sebelum mencoba untuk membuka perangkat keras, pastikan Anda tidak mengalami masalah karena konflik hardware dengan cara melihat Device Manager untuk mengecek kesalahan.
Jika masalah muncul ketika Anda baru saja memasang hardware baru ke dalam komputer, maka bisa dipastikan perangkat baru inilah penyebabnya. Jalankan komputer setelah membuka perangkat tadi dan amati apakah masalah anda selesai atau tidak.
Virus komputer
Mungkin komputer Anda terinfeksi virus yang dirancang untuk mematikan komputer Anda. Jika komputer mati  sendiri ketika menjalankan program tertentu pada waktu tertentu, misalnya komputer hanya langsung mati jika anda menjalankan Program Word maka itulah tandanya bahwa program tersebut terserang atau terinfeksi virus. Jika Anda yakin komputer Anda mungkin terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak yakin apakah komputer Anda terinfeksi virus, pastikan Anda melakukan scandengan anti virus terbaru.
Masalah dengan sistem operasi.
Jika setelah mengikuti setiap rekomendasi di atas komputer Anda masih terus mati sendiri, kemungkinan anda mengalami masalah sistem operasi Microsoft Windows yang sulit dijelaskan. Untuk membantu memastikan bahwa hal ini terjadi, silakan coba langkah-langkah di bawah ini.
  1. Reboot komputer dan masuk CMOS setup sebagai komputer boot. Jika Anda tidak terbiasa dengan cara memasukkan CMOS, silahkan download Panduan Menjadi Teknisi Komputer yang saya siapkan di samping.
  2. Setelah Anda telah membuka komputer di CMOS setup, biarkan komputer beberapa saat.
  3. Jika komputer tidak mati dalam beberapa waktu artinya dia bisa bertahan jalan pada BIOS maka kemungkinan penyebabnya adalah Microsoft Windows. Jika ini terjadi solusinya ada dalam buku Panduan Menjadi Teknisi Komputer
Kegagalan lain dari hardware
Jika setelah menginstal ulang sistem operasi Anda, atau selama instalasi sistem operasi Anda, kasus yang sama masih terjadi, sangat mungkin bahwa ada kegagalan hardware lainnya di komputer. Sering kali terjadi misalnya RAM, CPU, motherboard, dan / atau Power Supply.
Jika Anda memiliki persediaan ekstra bagian-bagian ini atau memiliki teman atau rekan kerja dengan konfigurasi yang sama, cobalah bertukar bagian-bagian ini untuk menentukan masalah Anda.Jika tidak, Anda perlu jasa teknisi yang lebih senior.
tidak bisa shutdownMengapa komputer tidak bisa shutdown? Itu pertanyaan yang sangat sering muncul baik bagi pengguna laptop maupun pengguna desktop. Dalam beberapa kasus persoalan laptop tidak bisa shutdown meninggalkan pesan kepada user. Namun dalam kasus lain, tidak ada pesan apa-apa. Yang terjadi adalah laptop tidak merespon perintah shutdown yang kita rekomendasikan. Pada artikel sebelumnya saya sudah pernah membahas hal ini dan artikel ini hanya berupa pelengkap saja. Mengapa laptop tidak bisa shutdown, inilah kemungkinan masalahnya (dalam contoh ini saya menggunakan laptop Sony VGP-BPS9);
  1. Alasan perangkat keras komputer. Tidak didukung motherboard BIOS ACPI, yang diusulkan upgrade BIOS motherboard, umumnya dapat diselesaikan.
  2. Perangkat lunak komputer penyebab. Catatan di bawah ini dapat menyebabkan komputer gagal melakukan shutdown, Anda bisa mulai mengurutkannya berdasarkan file Bootlog.txt dalam komputer di bawah direktori root ditunjukkan dalam kasus ini, untuk mengetahui alasan:
    1. Terminate = Unload Network can not load the network drivers of conflict;
    2. Terminate = RIT sound card or some of the old mouse driver and timer-related problems;
    3. Terminate = WIN32 some 32-bit applications locking up the system thread;
    4. Terminate = Query Drivers Driver problem;
    5. Terminate = Reset Display graphics card driver settings or display proble
  3. Periksa Manajemen Power Advanced (APM). Klik [Start], dan klik lagi [Control Panel]. Dalam Control Panel, klik [Performance and Maintenance], kemudian klik [Power Options]. Klik tab [APM]. Beri tanda centang pada [Enable Advanced Power Management Support] kemudian klik [OK]. (Ini untuk windows XP)
  4. Nonaktifkan Fast Shutdown. Klik [Start] dan pada kotak start search masukkan “msconfig” dan tekan [Enter], kali ini akan muncul jendela [System Configuration Utility]. Click “Order” Page, kemudian klik [Advanced] pilihan jendela yang muncul saat ini adalah [advanced troubleshooting settings], pilih [disable fast shutdown]. Jika komputer sudah dapat dimatikan dengan benar, hal itu menunjukkan masalah yang dialami tadinya adalah fast shutdown.
  5. Periksa apakah telah menutup semua aplikasi Anda melakukan proses shutdown. Jika tidak Anda harus menutup dulu semua applications. Ini disebabka beberapa aplikasi mungkin tidak mengisinkan shotdown ketika masih terbuka, dan mengakibatkan kegagalan shutdown.
  6. Menggunakan browser IE, sumber daya intensif. Bila Anda menggunakan IE 5 atau yang lebih tua yang lebih lambat, Anda harus memperhatikan koneksi ke Internet, ketika masih jalan sering membuat sistem gagal shutdown, ini sering terjadi juga pada dell inspiron 6000. Putuskan dulu hubungan internet dengan pasti.
  7. Beberapa software tambahan mungkin akan melakukan beberapa operasi pada sistem data atau sistem file dan mempengaruhi kemudian menyebabkan shutdown tidak normal.
  8. Beberapa BUG program atau beberapa perangkat lunak 16-bit juga dapat merusak memori data sistem atau file. Memori yang digunakan perangkat lunak dapat dengan mudah menimbulkan konflik, sehingga sistem abnormal shutdown. Cari masalah perangkat lunak ini, tetapi ini tidak mudah, pilih [Start>program>Annex>System Tools>System Information], buka [Microsoft System Information] dan pilih [Tools>System Configuration Utility] dapat diatur untuk memperbolehkan atau melarang” mulai “di beberapa aplikasi program.
Ini sifatnya kasuistik dan saya coba pada Sony VGP-BPS9 dan mungkin berbeda dengan laptop Anda, tetapi paling tidak bahwa sudah ada bayangan penyebab masalahnya walaupun pada laptop yang berbeda.
tidak bisa shutdownBeberapa pengguna telah mengalami masalah Windows 7 tidak bisa shutdown atau Windows 7 hang ketika shutdown, baik dengan atau tanpa pesan kesalahan. Ini pertanyaan tidak mudah dijawab, karena penyebabnya juga sangat beragam. Beberapa berhasil mengatasi dengan cara yang satu dan yang lain berhasil dengan tips yang lain pula.
Di bawah ini saya akan mengulas sedikit mengapa komputer tidak bisa shutdown dalam berbagai kasus. Namun satu yang saya garis bawahi bahwa jika komputer tidak bisa shutdown harus dipisahkan dari Blue Screen Of Death. Sebab jika komputer anda tidak bisa dimatikan karena BSOD, maka penanganannya akan berbeda.
Kasus tidak bisa shutdown ini sudah warisan dari Windows 2000, XP dan sampai pada Windows 7 juga. Dari sekian banyak penyebab windows tidak bisa shutdown, saya simpulkan penyebabnya seperti dibawah ini;
  1. Karena masih ada program yang berjalan di belakang layar (misalnya antivirus)
  2. Masalah update/upgrade windows 7 yang tidak sempurnah
  3. Masalah driver perangkat
  4.  File windows corupt
  5. masalah hardware
  6. menginstall perangkat lunak pihak ketiga
Untuk memastikan yang mana penyebabnya juga bukan pekerjaan mudah. Dalam banyak kasus, tidak ada pesan apa-apa tetapi yang nyata adalah windows mogok shutdown. Hanya user yang bisa menduga-duga misalnya ketika selesai update driver dan ini terjadi maka berarti kemungkinan penyebabnya adalah driver. Di bawah ini saya berika beberapa pilihan untuk mengatasi hal tersebut.
Catatan :
  1. Harap dicatat bahwa jika langkah satu berhasil jangan lagi lanjutkan ke langkah dua dan seterusnya.
  2. Jika langkah satu anda terapkan dan tidak berhasil maka silahkan kembalikan perubahan yang anda buat.
SOLUSI # 1
  1. Tekan tombol [Start]  dan lakukan seperti yang biasanya Anda lakukan untuk mematikan komputer, dan ketika itu tidak merespon Anda perlu menekan tombol CTRL + ALT + DEL, kemudian masuk ke Task Manager.
  2. Di dalam jendela Task Manager akan melihat semua proses yang berjalan. Jika tidak, klik tab [Processes] untuk menampilkannya.
  3. Setelah Anda berada di area Proses, lihat setiap proses yang masih menunjukkan aktivitas. Klik setidaknya 2-4 proses yang sedang berjalan dan klik [End Process]. Setelah Anda telah mengakhiri setidaknya 2-4 proses tadi, kembali ke tombol start dan coba untuk log off lagi. Biarkan Task Manager tetap berjalan agar anda bisa langsung lanjutkan jika tidak berhasil.
  4. Jika komputer Anda masih tidak log off atau tidak mau restart, ulangi langkah no # 3. Kali ini, hentikan beberapa proses yang menunjukkan tidak ada aktifitas di dalamnya. Setidaknya 3  proses lagi. Lalu tes lagi. Semoga berhasil.
PENTING!!! : Ada beberapa proses yang tidak boleh anda hentikan dan jangan main-main dengan proses ini. Mereka tidak akan membahayakan komputer Anda sama sekali, tetapi Anda akan membuat prosedur lebih sulit pada diri sendiri. Proses-proses yang tidak boleh anda hentikan adalah:
  • System Idle Process  Jika Anda membunuh satu ini, Anda mungkin juga menekan tombol ini akan membuat semua proses berhenti. Jadi anda harus mereset kembali.
  • explorer.exe  Ini akan menutup taskbar di bagian bawah komputer Anda dan jika anda tutup, Anda akan punya tombol sama sekali.
  • Sebaiknya juga jangan menghentikan taskmgr.exe

Ingat, berhati-hati untuk TIDAK mematikan komputer Anda dengan menekan tombol power Anda.
SOLUSI # 2
  1. Masuk pergi msconfig, tekan [Start] lalu ketik msconfig dan kemudian [Enter]
  2. Dari jendela [System Configuration] cobalah  pilih tab [Start Up] dan nonaktifkan layanan yang tidak penting pada boot berikutnya. Lihat gambar dibawah lalu coba restart!
SOLUSI # 3
Pada windows 7 yang menggunakan theme Aero, masalah ini juga pernah terjadi dan diatasi dengan me-nonaktifka windows Aero dan mengganti dengan Classic.
SOLUSI # 4
Periksa driver kartu grafis melalui [Device Manager] dan lihat apakah kartu grafis normal dan tidak ada tanda bahaya (tanda seru “!” berwarna kuning).  Jika ada masalah cobalah  unistall dan insatlling lagi.
SOLUSI # 5
Saya pernah menemukan pada PC Desktop yaitu pengaturan pada BIOS yang tidak diterima oleh komputer. Setelah setting ke [Default] masalah teratasi.
SOLUSI # 6
Jika anda ingat beberapa saat sebelumnya anda menginstall salah satu software dan setelah itu masalah ini mulai terjadi coba uninstall perangkat lunak ataukah driver tersebut kemudian restart. Untuk melakukan ini, klik tombol Start kemudian arahkan ke [Control Panel]-> [System]-> [Device Manager]. Klik kanan perangkat yang anda install drivernya dan pilih [Uninstall] dan setelah itu kemudian restart komputer.
SOLUSI # 7
Jika beberapa tips di atas tidak jalan, maka saatnya kini untuk siap-siap Install Repair. Jika Install Repair juga tidak bekerja berarti Install Total

remove passwordBagaimana cara remove password Windows 7, demikian keluhan seorang teman yang lumayan repot karena harus memasukkan password ketika login. Masalahnya ketika baru diinstall kita wajib memasukkan password administrator. Maunya adalah login tanpa password supaya simple. Remove password atau menghilangkan password windows 7 tidak susah, hanya beberapa klik saja.

Namun sebelum menghilangkan password windows 7 anda, saya harus mengatakan bahwa password adalah bagian dari perangkat keamanan windows 7 anda. Jadi jika anda menghilangkannya berarti ada resiko tersendiri yang harus anda tanggung yaitu masalah keamanan komputer anda
  1. Klik [Start] dan pilih [Control Panel]
  2. Dari Control Panel, silahkan klik [User Accounts]
  3. Pada jendela [User Accounts] silahkan klik [Remove Your Password]
  4. Pada jendela selanjutnya anda akan diminta memasukkan password yang sekarang sedang terpasang di computer anda.
  5. Langkah terakhir adalah klik tombol [Remove Password]
  6. Itu saja dan proses selesai
Catatan : Keamanan berbanding terbalik dengan kenyamanan. Anda sudah meremove password windows 7 dan dengan demikian dengan mudah orang lain akan membuka computer anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar