Sabtu, 17 September 2011

Perangkat Keras dan Aksesories Jaringan Komputer, dll

modem 56kModem Broadband dan Modem 56K Dial-Up
Lanjut lagi belajar komputer pada jaringan komputer. Topik kali ini adalah modem komputer. Dikenal sebagai modulator demodulator yang digunakan dalam jaringan dial-up mengkonversi data antara bentuk analog digunakan pada saluran telepon dan bentuk digital digunakan pada komputer. Standar modem dial-up jaringan mengirimkan data pada tingkat maksimum 56.000 bit per detik (56kbps). Namun, keterbatasan jaringan publik membatasi kecepatan modem telepon 33,6 Kbps atau lebih rendah dalam praktek.
Modem Broadband yang merupakan bagian dari kabel dan DSL layanan Internet menggunakan teknik sinyal lebih maju untuk mencapai kecepatan jaringan yang jauh lebih tinggi dari modem tradisional. Broadband modem kadang-kadang disebut “modem digital” dan yang digunakan untuk jaringan dial-up tradisional adalah “modem analog.” Modem selular yang menentukan konektivitas internet melalui telepon seluler digital juga ada.
56k Modems
Broadband modem
Definisi: Sebuah modem broadband adalah jenis modem digital digunakan dengan kecepatan tinggi DSL atau layanan Internet menggunakan kabel. Cable modem menghubungkan komputer di rumah atau jaringan komputer rumah untuk layanan TV kabel perumahan, sementara DSL modem tersambung ke layanan telepon residensial publik.
Seperti pada televisi, baik kabel dan modem DSL biasanya diberikan oleh penyedia layanan Internet dan individu tidak perlu repot berbelanja.
broadband
Kebanyakan modem broadband menyediakan 10 Mbps untuk koneksi Ethernet LAN di rumah, walaupun layanan Internet broadband jarang tampil di kecepatan tersebut. Kinerja modem kabel dapat bervariasi tergantung pada pemanfaatan line kabel bersama di lingkungan itu, dan juga kecepatan modem DSL berbeda-beda, tapi khas kecepatan data berkisar dari 500 Kbps ke 3500 Kbps.

Belajar Internet-9

Apa yang diperlukan untuk menyambung ke Internet?
Belajar komputer dan belajar internet. Untuk menyambung ke Internet akan memerlukan beberapa item. Ada beberapa unsur yang berbeda-beda dengan jenis sambungan yang Anda pilih dan yang lainnya umum. Mari kita lihat secara umum unsur-unsur yang berbeda dan ketika kita membahas setiap jenis sambungan secara rinci. Secara umum, kita memerlukan terminal, koneksi, modem, penyedia akses Internet dan browser.
  • Terminal. Terminal dalam hal ini komputer yang anda gunakan untuk mengakses internet adalah elemen yang melayani pengguna untuk menerima dan mengirim informasi. Yang paling umum adalah komputer pribadi, tetapi dapat juga menggunakan TV dengan keyboard atau ponsel. Faktor utama yang mempengaruhi kualitas akses Internet adalah kecepatan koneksi, dan hal ini tergantung pada jenis koneksi yang Anda gunakan, bukan komputer pribadi. Jika Anda menggunakan komputer pribadi untuk bekerja dengan program lain yang memerlukan beberapa sumber daya, seperti program-program desain grafis yang memerlukan lebih banyak memori dan prosesor yang cepat dianjurkan untuk membeli sebuah PC kelas menengah atau tinggi tetapi jika Anda menggunakan akses Internet dan pengolah kata yang cukup low-end komputer saja.
  • Connection. Komunikasi antara komputer Anda dan kebutuhan internet diangkut melalui beberapa medium fisik. Cara yang paling mendasar adalah melalui saluran telepon, yang paling banyak digunakan adalah ADSL dan kabel, tetapi seperti dibahas di bawah ini dapat juga dilakukan melalui cara-cara lain.
  • Modem. Modem adalah unsur yang menetapkan koneksi fisik antara PC dan saluran telepon atau transmisi. Komputer bekerja dengan informasi digital (nol dan satu), sementara saluran telepon mereka bekerja biasanya dalam bentuk analog (gelombang yang berbeda amplitudo dan frekuensi). Modem memungkinkan pergeseran dari analog ke digital dan sebaliknya, maka namanya, Modulator demodulator. Tergantung pada jenis koneksi Internet yang Anda pilih harus menggunakan jenis modem yang berbeda. Untuk dial-up koneksi dapat menggunakan modem telepon eksternal 56 Kbps Meskipun dalam hal ini dapat juga modem internal jika ia terinstal di dalam komputer, yang merupakan pilihan yang paling umum. Juga dapat digunakan untuk modem kecepatan yang lebih tinggi, yang digunakan dalam ADSL atau sambungan kabel. Jika Anda perlu untuk menghubungkan lebih dari satu komputer langsung ke modem Anda dapat menggunakan modem-router.
  • Internet Service Provider. Setelah kita memiliki terminal, modem dan koneksi kita masih membutuhkan seseorang untuk mengakses, fungsi ini disediakan oleh penyedia akses Internet Service Provider (ISP). ISP akan memberikan semua informasi yang dibutuhkan untuk membuat konfigurasi yang benar pada PC dan dapat terhubung ke Internet. Biasanya pemasok jasa menyertakan sebuah CD instalasi yang menangani hal itu hingga Anda siap untuk koneksi. ISP juga memberikan kepada komputer Anda (yang disebut nomor IP) yang mengidentifikasi kita di Internet. Singkatnya, ISP bertanggung jawab untuk mengelola sambungan antara komputer anda dan Internet. Saat ini telah banyak perusahaan penyedia jasa ISP yang didukung oleh perusahaan besar dan kelompok-kelompok finansial. Mereka biasanya menawarkan akses internet gratis terutama melalui saluran telepon, tetapi tidak boleh disamakan dengan akses bebas untuk menggunakan internet pada akhirnya membuat kita bebas, seperti biasa membayar penggunaan saluran telepon. Ketika kita terhubung ke Internet harus membayar seolah-olah kami membuat panggilan suara biasa.
  • Browser. Akhirnya kita akan membutuhkan sebuah program yang dapat membaca informasi yang ditemukan di server Internet, yang biasanya ditulis dalam format HTML. Mereka juga mampu merekam informasi yang dimasukkan oleh pengguna melalui bentuk-bentuk tertentu dan mengirim ke server. Program ini disebut browser, dalam bahasa Inggris dan yang paling terkenal adalah Microsoft Internet Explorer, Mozilla Firefox, dan bahkan lainnya seperti Opera atau Maxthon, yang kurang dikenal namun lebih cepat dan mengambil sedikit ruang disk. Kedua program ini gratis dan dapat didownload dari Internet, sehingga menjadi mudah, juga disarankan cari versi terbaru. Internet Explorer langsung diinstal dengan Windows. Sedangkan firefox dimasukkan tersendiri
  • Belajar Internet-11

    Jenis koneksi internet
    Belajar komputer dan belajar internet. Seiring dengan perkembangan modem telepon  sambungan dasar, ada lebih banyak kesempatan untuk menyambung ke Internet. Ada yang sudah berjalan, yang lain mulai memasarkan dan lain-lain adalah bagian dari masa depan yang menjanjikan.Menawarkan bandwidth yang lebih besar biasanya lebih mahal, tapi sebelum serangan teknologi baru semakin berkurang,  harga dan mudah-mudahan segera dapat turun, dan kita memiliki bandwidth yang murah.
    Kami akan menjelaskan setiap jenis sambungan berdasarkan klasifikasi ini sesuai dengan cara yang digunakan.
  • Telepon Line. Terdiri dari; 1) konvensional dengandasar jaringan telepon PSTN dan 2) Digital Line yaitu ISDN dan ADSL.
  • Cable.
  • Mobile. Terdiri dari;  1) GPS,  2) GPRS,  3) UMTS
  • Satelit.
  • Induk.
  • Wireless Networks.
  • Via radio.
Di bawah ini kami menjelaskan masing-masing jenis ini.
Dasar jaringan telepon PSTN
Ini adalah jaringan standar yang digunakan, terutama karena lebih murah dan karena sebagian besar tempat-tempat yang memiliki saluran telepon dasar. Jaringan ini lambat dan tidak diperbolehkan untuk menggunakan telepon sambil terhubung ke Internet, karena modem yang menempati saluran telepon dengan menghubungi server Internet. Saat ini modem memiliki kecepatan transfer maksimum 56 Kbps, namun karena saturasi saluran telepon atau kapasitas terbatas penyedia layanan ini hampir tidak pernah mencapai kecepatan itu.
Satu keuntungan dari jenis koneksi ini adalah bahwa praktis, saluran telepon mencapai hampir di mana-mana. Juga ketika menggunakan infrastruktur yang sudah ada sebelum digunakan untuk akses internet, lebih murah daripada sistem-sistem baru lainnya koneksi yang Anda butuhkan untuk membangun seluruh infrastruktur dari awal.
ISDN (Integrated Services Digital Network).
Jenis sambungan ini juga menggunakan saluran telepon tapi sementara dalam kasus line tidak lagi analog, tetapi digital, mengakibatkan transmisi lebih cepat, aman dan efektif. Di sisi lain hanya dapat menggunakannya jika tempat di mana ada sambungan ISDN line, dan line tersebut tidak begitu luas sebagai baselines.
ISDN line menyediakan dua saluran 64 Kbps, yang Anda dapat menggunakan sebagai saluran untuk berbicara di telepon dan saluran lainnya untuk Internet. Menggunakan dua saluran untuk mendapatkan kecepatan internet hingga 128 Kbps. Alternatif ini merupakan peningkatan sambungan PSTN dan sangat terjangkau.
dilanjutkan dalam artikel berikut.

Tahukah Anda Apa itu Wi-Fi

jaringan wi-fiWi-Fi, adalah singkatan dari wireless fidelity, merupakan pengembangan dari istilah Hi-Fi, sebuah teknologi jaringan nirkabel yang digunakan di seluruh dunia. Wi-Fi mengacu pada sistem yang menggunakan standar 802.11, yang dikembangkan oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) dan dirilis pada tahun 1997. Istilah Wi-Fi, yang dieja sebagai alternatif WaiFi, Wai-fi, Waifi, atau waifi, didorong oleh Aliansi Wi-Fi, sebuah kelompok perdagangan yang dirintis komersialisasi teknologi.

Dalam jaringan Wi-Fi, komputer dengan kartu jaringan wifi terhubung tanpa kabel ke router nirkabel. Router tersambung ke Internet melalui modem, biasanya kabel atau modem DSL. Setiap pengguna dalam jarak 200 kaki atau lebih (sekitar 61 meter) dari titik akses kemudian dapat terhubung ke Internet, meskipun untuk kecepatan transfer yang baik, jarak 100 kaki (30,5 meter) atau kurang lebih baik. Pengecer juga menjual penguat sinyal wireless yang memperpanjang jangkauan jaringan nirkabel.
Wifi jaringan dapat menjadi “open”, sehingga siapapun dapat menggunakannya, atau “closed”, dalam hal ini dibutuhkan password. Area yang diselimuti akses nirkabel ini sering disebut area hotspot nirkabel.
Wifi menggunakan teknologi radio untuk komunikasi, biasanya beroperasi pada frekuensi 2.4GHz. Elektronik yang “WiFi Certified” terjamin interoperate satu sama lain tanpa mengenal merek. Wifi adalah teknologi yang dirancang untuk memenuhi sistem komputasi ringan masa depan dengan mengkonsumsi daya minimal. PDA, laptop, dan berbagai aksesoris dirancang untuk wifi-kompatibel. Bahkan ada ponsel dalam pengembangan yang akan beralih mulus dari jaringan selular ke jaringan wifi tanpa mengabaikan panggilan masuk.

Virus Komputer (seri-19)

Menangani Secara Manual Komputer Terinfeksi Virus
Belajar komputer dan internet. Sistem Security diserang? Kok bisa ya malahan sistem keamanan terserang virus? Ya bisa saja dan yang menyerang juga adalah sistem keamana tetapi sistem keamanan yang palsu alias SmitFraud. Mereka ini mencari mangsa dengan menyebut dirinya sistem keamanan komputer. Mereka didistribusikan melalui website berbahaya, tetapi kadang juga dibundel dengan video codec palsu (misalnya yang menjanjikan untuk menunjukkan Shockwave dan Flash video). Tidak seperti contoh berbagai anti-spyware nakal, virus sistem keamanan dikodekan dengan sangat baik dan bahayanya jauh lebih berat dari pada spyware. Menyebabkan kerusakan serius pada sebuah komputer yang terserang dan merusak sebagian besar sistem keamanan lokal.

Berikut adalah daftar gejala virus sistem security.
  1. Windows modul (Task Manager, Command Prompt, Registry Editor) diblokir dari akses.
  2. Program antivirus tidak bisa diinstall dan kalupun bisa mungkin gagal untuk menyembuhkan infeksi, dan dinonaktifkan oleh virus. Sering juga terjadi aplikasi antivirus menjadi tidak berguna Karena mereka tidak dapat dibuka.
  3. Di Desktop sering muncul peringatan menakutkan yang katanya dari Pusat Keamanan.
  4. Windows (atau, tepatnya, yang imitasi) menampilkan tooltips mendesak pengguna untuk men-download perangkat lunak yang disarankan dan menghapus infeksi padahal sebenarnya ini mengarahkan kepada sarang virus.
  5. System security palsu ini menggunakan scanner untuk menampilkan hasil “sistem cek” yang sebenarnya palsu. Itu cukup cerdas karena file Windows yang sah dan vital menjadi incaran yaitu (misalnya svchost.exe).
  6. Banyak program aplikasi tidak bisa lagi diinstall semen tara scan virus tidak berfungsi.
Berikut adalah panduan dasar untuk menghapus virus Sistem Keamanan (jika anda tidak punya teknologi) dalam hal ini dilakukan secara manual. Peringatan: Ini diuji pada sistem Windows XP saja.
  1. Buka [My Computer]>[C:]>[Documents and Settings]>[All Users]>[Application Data] dan cari folder dengan nama menggunakan numerik. Di dalamnya, harus ada dua file, salah satu nama file numerik sama dengan nama folder. Hapus folder tersebut.
  2. Reboot/restart komputer anda
  3. Klick tombol [Start], pilih [Run], ketik [msconfig] dan klik [OK] untuk memulai Microsoft Windows Configuration Utility. Buka tab Startup dan cari entri dengan nama numerik tadi. Hapus tanda centang pada kotak di dekatnya.
  4. Jika ada entri menunjuk ke folder Program Files dengan “Sistem Security” berjalan, keluarkan checkmarks dari kotak terkait.
  5. Klik kanan pada My Computer, Pilih Properties, lalu pilih System Restore. Berilah tanda cek pada kotak “Turn off System Restore”. Windows akan memperingatkan Anda tentang restore point yang tidak dihapus. Klik [OK] dan restart komputer.
  6. Sekarang aktifkan System Restore (dengan menghapus tanda centang Anda tempat di langkah # 5).
Akhirnya, Anda akan bisa melakukan scan sistem lengkap dengan program antivirus (yang seharusnya mampu dijalankan sekarang) dan menghapus sisa bagian Sistem Keamanan Palsu (virus).
windows explorer hilangMasalah umum yang muncul bagi pengguna Windows ketika mencoba untuk menutup atau membuka folder dengan Windows Explorer adalah error aplikasi Exlorer.exe. Meskipun kesalahan ini sering dapat diperbaiki dengan menutup Windows Explorer dan kembali membuka aplikasi tambahan, ada sejumlah penyebab yang lebih serius yang dapat membuat kesalahan pada komputer Anda. Ini disebabkan oleh beberapa hal, termasuk sumber daya sistem, dan kesalahan Kernel System.
Penyebab hilangnya Explorer.exe
  1. Sistem File rusak. Ini salah satu penyebab explorer hilang. Cara termudah untuk memecahkan masalah ini adalah dengan menjalankan Scandisk untuk memperbaiki file yang rusak atau memori pada komputer Anda. Untuk menjalankan Scandisk, buka icon [My Computer] pada desktop komputer Anda dan kemudian klik kanan ikon hard drive (biasanya “C” drive). Pilih pilihan menu, [Properties] dan kemudian klik menu tab [Tools] di bagian atas. Selanjutnya klik [Check Now] tombol menu untuk scan file-file komputer Anda untuk mengetahui kesalahan. Setelah diketahui, sekarang silakan lakukan REPAIR WINDOWS.
  2. System Resources Not Available. Hal ini disebabkan adanya kesalahan aplikasi Explorer.exe sejumlah resources. Ini biasanya karena komputer Anda memiliki terlalu banyak program yang aktif terbuka pada waktu yang sama. Sekarang ini walaupun bandwidth komputer kecepatan tinggi, banyak pengguna komputer mengisi hard drive mereka dengan film dan musik dan tidak menyadari bahwa mereka memiliki masalah dengan hard drive space sehingga dapat menyebabkan error. Sebuah solusi yang sederhana, adalah untuk membebaskan ruang harddisk sampai setidaknya 50% jika ini telah menjadi penyebab kesalahan pada komputer Anda.
  3. Komputer terinfeksi Virus atau Malware . Sejumlah virus komputer yang aktif di Internet dapat memicu kesalahan aplikasi explorer.exe. Ini paling sering saya temukan. Virus menghilangkan explorer.exe dalam upaya untuk mencegah penghapusan virus dari komputer Anda. Cara pencegahan terbaik untuk ini penyebab kesalahan adalah untuk menjaga program komputer dan update antivirus yang terinstall pada komputer Anda. Jika saat ini komputer Anda masih akan terinfeksi, silakan restart PC dalam “Windows Safe Mode” dengan menekan “F8″ untuk masuk Safe Mode. Setelah masuk Safe Mode, silakan menjalankan update program anti-virus anda diikuti dengan scan penuh untuk membasmi virus.
  4. Aplikasi Komputer tidak kompatibel. Penyebab umum lainnya dari kesalahan ini adalah instalasi perangkat lunak komputer yang tidak kompatibel dengan versi Windows yang berjalan pada komputer Anda. Cara mudah untuk mengetahui apakah ini adalah penyebab masalah Anda, adalah jika Anda baru menginstall program komputer dan kemudian Anda mulai terjadi masalah. Jika itu terjadi, program tadi adalah penyebabnya.
  5. Program Software Apakah Lambat untuk Menanggapi. Explorer tidak hilang tetapi tidak berfungsi. Jika Anda memiliki program komputer yang harus menunggu lama untuk mengakses jaringan atau media portabel, ini juga dapat menyebabkan kesalahan aplikasi explorer.exe. Jika penyebabnya adalah sumber daya jaringan, maka Anda mungkin ingin menunggu sedikit dan mencoba lagi. Jika portable media seperti DVD atau CD, silakan eject disk dan coba lagi.
Langkah Perbaikan Explorer.exe
Setelah anda memahami hal-hal yang menyebabkan explorer.exe hilang atau tidak berfungsi, kini pertanyaan yang jauh lebih penting adalah bagaimana jalan keluarnya? Lakukan beberapa langkah berikut:
  1. Jalankan task manajer dan coba dulu untuk menjalankan explorer.exe. Jalankan task manajer dengan menekan tombol [CTRL + ALT + DEL] sampai terbuka jendela baru. Pilih tab [Aplication] dan klik [new task] > kemudian ketikkan “explorer.exe” lalu klik [OK]. Biasanya jika explorer.exe hilang kembali sesudah komputer restart maka lalukan INSTALL REPAIR.
  2. Cara lain adalah dengan restore untuk mengembalikan pada kondisi tanggal sebelumnya. Salah satu cara sistem restore adalah melalui jendela task manager klik [new task] > [browse] dan cari [C:Windows/system32/restore/rstrui.exe] > lalu klik [OK].
  3. Cara membuka program atau file. Dalam keadaan darurat jika anda tidak melakukan perbaikan, anda masih bisa membuka program atau file anda dengan cara. Buka task manager klik [new task] > [browse] > [cari program di C:program files, atau dimana file tersimpan] lalu klik [OK]. Jika anda gagal membuka file maka penyebab masalah ini adalah VIRUS.
  4. Scan computer menggunakan antivirus yang terupdate dan terbaik. Disarankan agar scan dijalankan pada “SAFE MODE”. Setelah pada kondisi safe mode > buka task manager > klik [new task] > [browse] > [C:program files/”antivirus yg anda install”] lalu klik [OK].
  5. Repair dengan menggunakan CD windows anda. Mohon maaf karena cara ini terlalu panjang tetapi merupakan jalan keluar teraman dan terbaik. Jika anda sudah jadi MEMBER KLUB TEKNISI KOMPUTER, maka anda pasti tahu apa yang saya maksud INSTALL REPAIR.
  6. Cara pamungkas. Jika semua cara di atas sudah anda tempuh dan masih gagal, cara yang paling akhir yang mujarab dan aman adalah dengan install ulang secara total windows anda. (Ingat….. ini hanya jalan paling terakhir).
CATATAN PRIBADI:
Menurut pengalaman saya, yang paling sering jadi penyebabnya adalah crash program dan masalah virus. Jadi jika anda sudah cermati artikel diatas, anda pasti tahu jalan keluarnya dengan mudah.
virus email terbaruHati-hati, virus terbaru muncul lagi lewat e-mail dengan pesan yang unik. Ada banyak yang sudah terjebak sebab virus karena penyebaran virus email terbaru ini cukup paham dengan selera peselancar internet yaitu mengandung kata makna pornografi. Jadi ingat, jika sekali waktu Anda menerima e-mail dari orang yang tidak Anda kenal, jangan coba-coba mengklik link yang ada didalamnya. Jika Anda mendapat pesan seperti ; “Here you have” atau “Just for you” jangan di-klik sebab link tersebut akan menuju ke eksekusi virus aktif.
Bunyi emailnya biasanya seperti ini;
Subject: Here you have or Just for you
Body:
Hello:
This is the document I told you about, you can find it here.
[ Disini Link eksekusi virus ]
Please check it and reply as soon as possible.
Cheers,
Ada juga yang modelnya seperti ini;
Hello:
This is the Free Downloads Sex Movies, you can find it Here.
[Disini Link eksekusi virus]
Enjoy Your time.
Cheers.
Link tersebut mengarah ke eksekusi virus dalam bentuk file SCR yang akan mencoba menginfeksi komputer Anda. Jika, karena alasan tertentu komputer Anda sudah terinfeksi, McAfee telah merilis sebuah tools untuk mendeteksi dan memperbaiki ancaman ini yaitu McAfee Stinger stand-alone tool
Virus ini berusaha untuk menghentikan dan menghapus layanan keamanan sistem operas windows. Ingat bahwa cara terbaik untuk aman dari virus adalah memiliki komputer ter-update patch keamanannya.Sekali lagi heti-hati teman, virus mengincar komputer anda !!!
komputer mati totalKomputer mati sesaat setelah start adalah kerusakan komputer yang sangat banyak dialami oleh kita semua sebagai pengguna komputer. Dalam beberapa kasus, ada kalanya meninggalkan pesan pada layar biru dan ada kalanya dia pergi begitu saja tanpa pesan. Masalahnya adalah kalaupun dia meninggalkan pesan pada layar biru adakalanya pesan itu sangat singkat dan jika bisa dibacapun sangat sulit untuk dimengerti maksudnya. Itulah sebabnya ada yang menyebutnya bahasa alien.
Secara logika ada dua penyebabnya yaitu entah kerusakan hardware komputer atau kerusakan software. Dari kedua bagian inipun masing-masing terbagi-bagi misalnya hardware masih terbagi adas beberapa bagian komponen perangkat keras dan software masih terbagi dalam sistem operasi dan driver dan program aplikasi. Penangan terhadap penyebab ini memerlukan penanganan yang sangat berbeda. Jika penyebabnya hardware maka memerlukan tidakan mekanik dan jika penyebabnya software pemeriksaannya akan jauh lebih kompleks.
Walaupun masalah ini agak luas untuk dipahami, saya mencoba untuk mengelompkkan agar lebih mudah dipahami dan mencari jalan keluarnya.
  1. 1. Permasalahan hardware. Ada kerusakan hardware yang bisa menyebabkan komputer langsung mati dan lumpuh. Processor, memory, power supply, maiboard paling sering membuat komputer mati total alias tak ada tampilan jika mengalami kerusakan. Dalam kasus yang sering saya hadapi, kasus Komputer Mati Hanya Beberapa Menit Setelah Start paling sering terjadi penyebabnya adalah Processor yang kepanasan. Ini disebabkan oleh kipas pendingin tidak jalan atau tidak maksimal. Bisa juga disebabkan oleh aluminium pendinginnya sangat berdebu sehingga angin dari kipas pendingin.
  2. Permasalahan Pada BIOS. Jika pernah mati lampu ketika komputer sedang digunakan maka besar kemungkinan bisa mengacaukan BIOS dan sesudah itu muncullah masalah diatas (walaupun ini jarang terjadi). Overclock processor pada BIOS untuk mendongkrak kinerja processor yang membabi buta bisa juga jadi masalah ketika processor tidak lagi mampu menangani permintaan tersebut. Jika ini penyebabnya maka start up komputer hanya sampai pada POST test lalu mati lagi (tidak sampai pada loading windows).
  3. Permasalahan sistem operasi. Ketika beberapa file sistem operasi mengalami kerusakan atau korup, bisa juga jadi penyebabnya. Ini biasa terjadi ketika meng-upgrade sistem operasi dan tidak selesai dengan sempurna. Bisa juga terjadi ketika sistem operasi sudah terlalu lama digunakan dan tidak pernah diatur ulang alias defrag.
  4. Permasalahan driver. Driver perangkat keras yang sudah tidak sesuai dengan sistem operasi bisa juga jadi penyebabnya. Atau sebaliknya bisa terjadi ketika mengupgrade driver dan tidak jalan dengan sempurna. Perlu dipahami bahwa perangkat keras komputer agar bisa bekerjasama dengan sistem operasi maka perangkat tersebut mempunyai perantara yang namanya driver.
  5. Kemungkinan oleh virus. Walaupun tidak semua virus mempunyai kasus yang sama, tetapi saya pernah mengalami ini ketika masih awam soal virus. Ketika komputer saya diserang virus saya hanya bisa restart komputer dua kali secara normal dan sesudahnya tidak bisa lagi jalan sempurna dan kasus seperti diatas saya alami secara berulang-ulang pada kesempatan berikutnya.
Saya pikir jika salah satu diantara masalah diatas kita alami, maka sudah bisa dipikirkan tindakan apa yang akan diambil untuk mengatasinya, kecuali jika kita masih sangat awam soal perbaikan komputer. Pembahasan lebih detail lengkap tentang hal seperti ini ada dalam ebook “MERAKIT, MERAWAT DAN MEMPERBAIKI KOMPUTER”





Mengapa Komputer Hang

komputer hangKomputer hang atau crash dapat dapat terjadi karena beberapa alasan, dan proses pemecahan masalah ini terkadang sulit dan harus telaten. Namun, jika Anda tidak mengatasi masalah ini, ada kemungkinan akan terulang pada kesempatan berikutnya. Masalah penyebab komputer hang ini ada dua hal utama yaitu hardware dan software. Sedangkan jika software yang jadi penyebabnya maka masih ada 2 kemungkinan lagi yaitu masalah windows ataukah masalah software lain, atau bisa juga karena kombinasi masalah antara software aplikasi dengan windows.
Sebenarnya ada kemiripan antara komputer hang dengan blue screen of dead. Keduanya menyebabkan komputer tidak menanggapi perintah kita. Bedanya adalah kalau blue screen of dead layar jadi biru dan meninggalkan pesan tertentu, sedangkan komputer crash adalah berhenti begitu saja dengan menyisakan layar terakhir yang bisa muncul.
Jika itu terjadi, apa yang seharusnya Anda lakukan untuk mengatasi komputer hang ?
  1. Ketika komputer hang, jangan langsung pingsan dulu….. tunggu besok saja ya. Duduklah tenang, ingat-ingat adakah perubahan yang Anda lakukan atau adakah peristiwa yang kemungkinan jadi penyebabnya.
  2. Kita mulai dari penambahan hardware. Adakah hardware yang Anda tambahkan sebelum itu terjadi? Jika ada berarti tidak salah lagi hardware itu yang jadi penyebabnya. Keluarkan hardware tersebut.
  3. Goncangan fisik keras pada komputer. Jika ada goncangan yang baru saja terjadi pada komputer maka itu juga bisa jadi penyebabnya. Itu berarti bahwa ada hardware yang bergeser dari kedudukannya, misalnya hard disk. Untuk pekerjaan ini Anda harus membuka casing komputer.
  4. Ada kemungkinan ketika kita mengupgrade windows, ada driver yang tidak kompatibel lagi sehingga driver tersebut dianggap sudah kuno oleh sistem operasi. Untuk keperluan ini Anda harusnya surfing internet untuk menemukannya.
  5. Bad random access memory (RAM) modul juga dapat menyebabkan komputer hang, ini sudah saya bahas pada artikel Tanda-Tanda Kerusakan Memory Komputer. Ada kemungkinan RAM rusak karena overheating. Penempatan memori yang tidak tepat juga harus dicurigai. Perbaiki kedudukan memori pada tempatnya.
  6. Masalah hard disk. Sebuah hard drive rusak atau terfragmentasi dapat menyebabkan masalah ini sehingga hard drive harus secara teratur di-defrag. Berapa sering hard disk didefrag? Saya biasa melakukannya sebulan sekali, full defrag.
  7. Kesalahan pada setting BIOS misalnya melakukan overclocking juga dapat menyebabkan masalah komputer hang. Jika Anda melakukan overclocking ketika komputer hang, kembalikan dulu ke posisi normal
  8. Perangkat lunak tambahan pihak ketiga, atau software yang berasal dari luar Microsoft ®, dapat menyebabkan komputer macet oleh konflik dengan program lain atau dengan sistem operasi itu sendiri. Kadang-kadang file patch tersedia dari situs web pihak ketiga yang bersangkutan bisa memperbaiki masalah. Adakah software tambahan yang baru saja Anda install? Jika ada, itu mencurigakan jadi penyebabnya.
  9. Jika semua yang saya sebutkan diatas Anda yakin bukan sebagai penyebabnya, maka kecurigaan kita yang terakhir adalah virus, trojan, worm dan kawan-kawannya. Scan komputer Anda dan pastikan bersih dari virus dkk.
  10. komputer terlalu panasMengapa komputer terlalu panas, lalu komputer mati sendiri? Itulah keluhan yang paling banyak datang ke saya, baik melalui komentar maupun melalui e-mail. Oleh karena itulah saya tergugah untuk menulis artikel ini yang mudah-mudahan sama persis yang dialami oleh Anda yang ingin bertanya kepada saya. Harapannya adalah jika suatu saat ada lagi yang bertanya maka tinggal saya rekomendasikan mebaca artikel ini. Sebagai catatan jika Anda berniat memperbaiki sendiri komputer Anda, sebaiknya baca juga artikel Persiapan Menjadi Maintenance Komputer yang pernah saya tulis.
    Mengapa komputer terlalu panas, lalu komputer mati sendiri? Pada umumnya ada banyak hal yang menyebabkan komputer menjadi overheating alias terlalu panas baik itu penyebab dari hardware maupun juga dari setting sofware. Sedangkan komputer mati sendiri juga salah satu penyebabnya adalah karena terlalu panas tadi atau juga permasalahan pada software komputer Anda. Inti permasalahannya disini adalah penyebab komputer terlalu panas. Berikut ini saya akan berikan beberapa hal yang bisa menyebabkan komputer menjadi overheating.
  11. Harus dibedakan antara komputer cepat panas dengan komputer terlalu panas. Ada perbedaan antara processor AMD dengan Intel. Processor terbaru Intel hanya membolehkan panas sampai 72oC sedangkan AMD bisa sampai 85oC jadi ada perbedaan signifikan apabila diraba dengan tangan. Tetapi jika masalah panas ini kemudian menyebabkan komputer jadi lambat atau mati sendiri barulah jadi masalah.
  12. Kebocoran dari Power Suply. Jika terjadi kebocoran pada Power Suply, tegangan listrik keluar menuju mainboard dan komponen lain akan naik. Naiknya tegangan listrik ini akan menyebabkan 2 kemungkinan yaitu seluruh komponen listrik CPU jadi panas, atau salah satu/beberapa komponen langsung rusak. Solusinya; saya anjurkan agar menggunakan Stabilizator untuk menjaga tegangan listrik.
  13. Komputer digunakan main game. Jika komputer digunakan main game, maka untuk menampilkan permainan yang sempurna, ada setidaknya 3 komponen yang bekerja berat secara langsung yaitu Processor, Memory Utama dan VGA. Pekerjaan berat yang dilakukan terutama oleh Processor akan menimbulkan panas yang lumayan tinggi dan bisa saja menyebabkan komputer langsung mati sendiri. Solusinya; tambahkan kipas pengisap pada bagian belakang CPU untuk mengisap udara panas dari dalam.
  14. Kipas pendingin rusak, kotor berdebu. Jika kecepatan kipas sudah menurun atau sangat berdebu maka suply udara pendingin juga akan menurun sehingga Processor menjadi overheating. Solusinya; buka kipas pendingin, bersihkan dari debu lalu pastikan bahwa kipas tersebut masih berputar dengan normal. Kipas pendingin yang dicurigai sudah loyo sebaiknya diganti saja.
  15. Aluminium Heatsink (pendingin) Processor atau pada VGA berdebu/kotor. Jika kipas sudah tidak ada masalah, pastikan bahwa aluminium pendingin cukup bersih dari debu karena debu bisa menghambat proses pendinginan yang disuply oleh kipas. Solusinya; bersihkan heatsink ini dengan baik dan sebaiknya ini dilakukan setiap 6 bulan sekali.
  16. Kedudukan Aluminium Heatsink (pendingin) tidak tepat. Jika aluminium ini tidak menempel dengan tepat pada badan processor, maka processor akan overheat lalu kemudian komputer pasti mati sendiri. Solusinya; Jika anda bisa melakukannya (harap berhati-hati) buka kipas dan periksa apakah aluminium heatsink menempel dengan tepat pada Processor? Kalau perlu buka aluminium pendingin dan bersihkan pasta pada permukaan permukaan processor lalu oleskan kembali pasta yang baru(mengenai pasta untuk processor banyak dijual ditoko spare part kompi)
  17. Setting BIOS. Jika Anda melakukan overclok pada BIOS maka salah satu resikonya adalah komputer akan menjadi panas, bahkan yang terburuk adalah bisa menyebabkan komputer tidak berfungsi sama sekali. Solusinya; jika overclok ini penyebabnya, selakan kembalikan BIOS ke posisi normal kembali.
Catatan ; Untuk kasus komputer mati sendiri tidak bisa dipukul rata penyebabnya karena terlalu panas sebab persoalan komputer mati sendiri bisa sangat beragam penyebabnya. Ada baiknya Anda menginstall software yang bisa Anda gunakan untuk memonitor PC Anda misalnya misalnya parameter tegangan, temperatur, kecepatan kipas dan lain-lain. Software ini banyak sekali di internet yang bisa didownload gratis. Jika Anda bingung, Anda bisa mengunduh yang ada di alamat ini; http://en.kioskea.net/download/download-2040-hwmonitor

log on otomatisAda banyak alasan dari setiap orang untuk log on otomatis ke komputer. Mungkin anda lelah memasukkan password Anda setiap hari, kesan mempercepat waktu yang dibutuhkan untuk memulai komputer dll. Tentu saja ada beberapa alasan mengapa setup komputer Anda tidak login otomatis juga. Alasan yang paling penting adalah bahwa Anda akan kehilangan kemampuan untuk mengamankan file Anda dari orang lain yang memiliki akses fisik ke komputer Anda. Jadi sebelum anda memutuskan untuk log on otomatis atau logon otomatis atau login otomatis atau apapun namanya, pertimbangkanlah dari sisi keamanan komputer anda.
Artikel ini hanya merupakan pertimbangan bagi anda, selanjutnya dari sisi keamanan terhadap tangan jahil silakan anda pertimbangkan sendiri. Inilah langkah-langkahnya
Log on otomatis pada windows XP
Walaupun ini sudah sangat usang, tetapi saya tetap memasukkannya karena pertimbangan satu paket windows supaya jangan cari-cari ditempat lain lagi.
  1. Klik on [Start] dan pilih [Run]. Pada kotak Run… ketik perintah ini [control userpasswords2], tetapi tanpa tanda “[ ]”
  2. Tekan tombol [OK]. Perintah yang anda ketik tadi akan membuka [Advanced User Accounts] di control panel.
  3. Pada tab [Users], hilangkan tanda centang pada box [Users must enter a user name and password to use this computer].
  4. Klik tombol [Apply] yang berada di jendela [User Accounts ].
  5. Ketika muncul kotak dialog [Automatically Log On ], masukkan user name yang anda inginkan untuk login otomatis. Masukkan juga password account anda pada kolom yang tersedia. Klik [OK].
  6. Klik [OK] sekali lagi pada jendela [User Accounts] untuk menyelesaikan proses.
Dengan selesainya proses pada no.6, seharusnya komputer anda akan login otomatis.
Log on otomatis pada Windows Vista
  1. Klik on [Start] dan pada kotak search box, ketik perintah ini [netplwiz ], tetapi tanpa tanda “[ ]” lalu tekan [Enter]. Perintah yang anda ketik tadi akan membuka [Advanced User Accounts] di control panel.
  2. Pada tab [Users], hilangkan tanda centang pada box [Users must enter a user name and password to use this computer].
  3. Klik tombol [Apply] yang berada di jendela [User Accounts ].
  4. Ketika muncul kotak dialog [Automatically Log On ], masukkan password account anda pada kolom yang tersedia. Klik [OK]
  5. Klik [OK] pada jendela [User Accounts] untuk menyelesaikan proses.
Dengan selesainya proses pada no.5, seharusnya komputer Window Vista anda akan login otomatis.
Log on otomatis pada Windows 7
  1. Klik on [Start] dan pada kotak search box, ketik perintah ini [netplwiz ], tetapi tanpa tanda “[ ]” lalu tekan [Enter]. Perintah yang anda ketik tadi akan membuka [Advanced User Accounts] di control panel.
  2. Pada tab [Users], hilangkan tanda centang pada box [Users must enter a user name and password to use this computer].
  3. Klik tombol [Apply] yang berada di jendela [User Accounts ].
  4. Ketika muncul kotak dialog [Automatically Log On ], masukkan user name yang anda inginkan untuk login otomatis. Masukkan juga password account anda pada kolom yang tersedia. Klik [OK].
  5. Klik [OK] pada jendela [User Accounts] untuk menyelesaikan proses.
Masalah : Password Expired
Gejala : Ketika sedang proses booting Windows, tiba-tiba muncul pesan “Your password will expire in 14 days”. Seringkali pengguna dibuat bingung dengan pesan ini.
Solusi :
Memang secara default, Windows menyimpan data password setiap user selama 42 hari. Jika masa tersebut hampir habis, maka 14 atau 7 hari sebelumnya akan dilakukan pemberitahuan secara otomatis oleh sistem. Sebenamya password yang memiliki batas waktu tersebut bisa dicegah. Caranya adalah lakukan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Jalankan [Start > Run...]
  2. Ketikkan [LUSRMGR.MSC] dan tekan enter untuk melanjutkan sehingga akan muncul tampilan sebagai berikut.
  3. Klik kanan [user name] yang akan dimatikan masa kedaluwarsanya dan pilih properties.
  4. Dari kotak dialog yang muncul, pilih tab [General]. Berikan tanda chek point pada kolom pilihan Password never Expires sehingga password tidak akan pernah kedaluwarsa, kecuali kita sendiri yang menggantinya.
  5. Klik [OK] untuk mengakhiri proses dan dengan langkah tersebut, maka password dari user account yang dipilih tidak akan expire sampai Anda melakukan perubahan sendiri.
Selamat mencoba, salam sukses!

  1.  







  •  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar